OOP : Object Oriented Programme
Konsep OOP Object Oriented Programming
class - kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya. -wikipedia indonesia
Konsep OOP telah mengubah cara pandang manusia dalam melihat pemrogaman komputer. Setiap entitas yang terlibat dalam pemrogaman dianggap sebagai object. Sasaran utama dari konsep ini adalah kemudahan dalam pengembangan Sistem. Sebuah aplikasi baru tidak harus di bangun dari nol, melainkan bisa dibangun dengan meneruskan aplikasi sebelunya.
Kehadiran OOP bukan lah tanpa masalah, yang pertama adalah kebutuhan akan memory yang besar. Aplikasi yang dibuat dengan dasar OOP membutuhkan ruang memory yang besar untuk mampu mengolah object object. dan kebutuhan memory ini akan terus bertambah seiring bertambahnya objek didalam aplikasi.
Singkatnya, OOP dapat dikatan sebagai cara atau metode dalam merancang apliklasi dengan berbasis object.
Class Dan Atribut
Class adalah cetak biru atau rancangan dari sebuah object. Object adalah instansiasi atau perwujudan dari sebuah class, sebuah class dapat di instan menjadi satu atau lebih object, sebuah class tidak dapat digunakan untuk menyimpan, memanipulasi dan menampilkan data. Kita bisa melakukan proces-proses tersebut terhadap object.
Didalam class terdapat atribut atribut. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan objek. Misal didalam class rumah yang didalamnya maka atribut atributnya adalah kayunya, warnanya, pintunya, teras, luas dll.
Sedangkan Metohode adalah hal hal yang dapat dilakukan oleh class, dalam pemrogaman prosecural methode dapat diartikan sebagai f uction atau procedure. dalam contoh class rumah diatas, methodenya adalah tempat bernaung.
Package
Dalam rangka manajemen class, class-class yang secara fungsional sejenis bisa dikelompokkan kedalam suatu wadah atau kedalam suatu folder. ada banyak package bawaan java, sepeti java.awt, javax.swing. java.io, java.util. Namun demikian user diperbolehkan untuk membuat package sendiri. isi dari sebuah packagw adalah semua file class yang siap pakai.
Hak Akses
OOP memberikan beberapa tipe hak akses terhadap variable (atribut), methode bahkan class. Tipe tipe hak akses tersebut yaitu Public, Private, atau Protected. Ini adalah salah satu bagian terpenting dari OOP, sehingga programmer yang hendak belajar OOP wajib memahami konsep pengaksesan data ini dalam OOP.
Pewarisan (inheritance)
Konsep lain dari OOP adalah pewarisan, dimana kita dapat menciptakan class baru dari satu atau lebih kelas yang sudah ada. konsekuensi dari pembuatan class baru dari class yang sudah ada (super class) adalah dimana semua atribut dan methode yang terdapat dalam super class akan juga dimiliki oleh class yang baru dibuat (subclass). konsep ini lah yang dinamakan dengan pewarisan. Oleh karena itu subclass akan sangat mirip dengan super class pembentuknya, untuk membedakanya kita bisa menambah atribut dan methode lain dalam subclass tersebut.
Poliforfisme
adalah kemampuan variable untuk digunakan sebagai rujukan atau acuan object dari tipe yang berbeda, dan secara otomatis dapat memanggil methode yang spesifik untuk tiap tipe tersebut.
Array
Program yang cukup besar pasti membutuhkan banyak variable. kita bisa saja mendeklarasikan variable tersebut satu per satu. misalkan kita membutuhkan 5 variable dengan tipe integer, kita bisa mendeklarasikanya dengan int a , b, c, d, e;. ini masih sangat kecil, bagaimana kalau kita membutuhkan 100 variable ? ini pasti jadi tidak efisien. maka kita bisa menggunakan array.
Tetapi sebelum kita memutuskan untuk mengggunakan array, kita juga harus meneliti apakah data data tersebut akan di akses secara berurut? jika ya maka kita bisa menggunakan array, tapi data data tersebut tidak akan diakses secara berurut, sebaiknya di deklarasikan sendiri sendiri.
Cara mendeklarasikan array :
int [] arr = new int[10];
8:12:00 PM
|
capz
java,
Pemrogaman,
programming
|
This entry was posted on 8:12:00 PM
and is filed under
java
,
Pemrogaman
,
programming
.
You can follow any responses to this entry through
the RSS 2.0 feed.
You can leave a response,
or trackback from your own site.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 argumen:
Posting Komentar